Langsung ke konten utama

Unggulan

Sang Pecinta Sastra yang Menghidupkan Sastra di Sebuah Desa Kecil

Sastra adalah bentuk rekaman dengan bahasa yang akan disampaikan kepada orang lain. Pada dasarnya, karya sastra sangat bermanfaat bagi kehidupan, karena karya sastra dapat memberi kesadaran kepada pembaca tentang kebenaran-kebenaran hidup, walaupun dilukiskan dalam bentuk fiksi. Sastra, bukan monopoli orang kota. Bukan pula dominasi seniman kesohor. Masyarakat desa yang sepi akses informasi, juga bisa dan berhak berbicara sastra. Itulah semangat pendirian Komunitas Lereng Medini (KLM), sebuah komunitas yang memberikan ruang bagi pelajar desa, belajar sastra dan budaya di Kecamatan Boja, Kendal, Jawa Tengah. Tentang Komunitas Lereng Medini Komunitas Lereng Medini (KLM) adalah sebuah komunitas yang memberikan ruang bagi pelajar desa, belajar sastra dan budaya di Kecamatan Boja, Kendal, Jawa Tengah yang didirikan oleh Heri Chandra Santosa bersama rekannya Sigit Susanto.   Komunitas KLM selalu melakukan kegiatan setiap bulannya yaitu dengan bedah karya sastra atau pembacaan musikalisasi pu

Menyelami Masa Lalu

Pernah saya memikirkan,apakah masa depan saya akan bisa bahagia seperti ini jika saya tidak pernah menjalani masa lalu yang sangat menyakitkan?tentu tidak mudah awalnya melupakan hal yang tidak biasa kita impikan yang berbuah sakit hati.

Tapi,tak hentinya saya bersyukur dan berterimakasih atas masa lalu yang membuat saya sempat terpuruk. Merasa tak ada lagi yang saya miliki di dunia ini hingga saya menemukan kebahagiaan yang sekarang selalu menaungi kehidupan saya.

Meski awalnya saya masih sering berdiri di tepian memandangi masa lalu itu,tapi tidak mungkin bagi saya untuk lebih dekat lagi apalagi menyelam lebih dalam lagi. Itu tidak mungkin saya lakukan. Dan akhirnya sayapun harus memilih untuk berbalik arah dan berjalan ke arah kebahagiaan yang telah menjemput dan menunggu saya di belakang saya,untuk akhirnya berada di depan saya dan saya berbalik menjemputnya,berlari dan memeluknya.

~just intermezzo~

Komentar

  1. Masa lalu hanya untuk dikenang & mengambil pelajaran berharga dari kondisi saat itu supaya di masa kini bisa menjadi lebih baik lagi :)

    BalasHapus
  2. Masa lalu, seberat apapun itu, selalu jadi bagian dari kita :). Kalo kita berhasil mengatasi kesulitan yg timbul, aku percaya kita bakal JD pribadi yg lebih kuat. Otomatis masa depan yg lebih cerah :). Buatku, masa lalu tetep sebagai pembelajaran, supaya ga mengulangi kesalahan yg sama di masa depan

    BalasHapus
  3. Iya seperti pepatah bilang masa lalu gak bisa terulang, masa depan kita jalani saja dengan keihlasan ya Mak semangat hehe

    BalasHapus
  4. Betul banget, pengalaman masa lalu yang mmbentuk diri kita saat ini, membuat kita lebih tangguh dan kuat menghadapi banyak hal untuk mencapai kebahagiaan

    BalasHapus
  5. Aah...sebuah prosa yang indah.

    Semoga kebahagiaan akan selalu direngkuh. Ia tidak lagi berada di belakang atau di depan kita, tetap di sebelah kita, mengiringi hari-hari yang penuh cinta.

    BalasHapus
  6. Percayalah, semua orang punya masa lalu!
    Ada yang mudah move on, ada yang susah dan bahkan ada yang terjerat, tak bisa melepaskan diri.

    Aku percaya, mba pasti bisa menemukan ikhtiar.
    Ada banyak literasi yang mungkin bisa dicoba.

    Memang, mengambil me-time dan bergumul dengan duka sendiri kadang diperlukan, tapi berjanjilah jangan sampai berlarut-larut ya!

    Izinkan orang lain berbagi masukan positif dan jalan keluar.
    Hindari mengisolasi diri!

    Good luck, my dear!

    BalasHapus
  7. Masa lalu memang boleh dikenang tetapi jangan sampai mengalahkan segalanya. Harus move on dan tatap masa depan.

    BalasHapus
  8. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran. Tp jgn selalu memandang ke belakang. Krn hidup kita ada di depan. Semangat kakak..

    BalasHapus
  9. Kenangan masa lalu itu kadang bikin kita banyak belajar sih apa yang sudah diraih, dan apa saja pencapaian selama ini, serta satu hal kalau masa lalu itu harus disyukuri karena membentuk kita dimasa kini dan nanti

    BalasHapus
  10. Semoga gak berlarut-larut ya kak, benar orang bilang masa lalu cukup dikenang dan jadi pembelajaran untuk masa depan yang lebih baik. Stay healthy kak

    BalasHapus
  11. Biarkanlah masa lalu pergi sejauh-jauhnya. Namanya juga masa lalu kan? Semua sudah berlalu. Sekarang saatnya menyongsong masa depan.

    BalasHapus
  12. Adakalanya memandang masalalu menjadi obat rindu kak. Enggak apa-apa. Asal tidak lupa untuk kembali lurus memandang depan. Karena hidup tak mungkin jalan di tempat terus-terusan. Semangat.

    BalasHapus
  13. Life must go on ya Mbak. Masa lalu sekelam aldan sepahit apapun itu pasti meninggalkan pelajaran bagi kita. Bahkan dari masa lalu itu kita bisa belajar untuk bangkit demi bisa menjemput masa depan yang lebih cerah. Ya selalu ada hal yang bisa kita petik dari masa lalu. Tapi harus ingat juga bahwa hidup kita adalah apa yang sedang kita jalani hari ini

    BalasHapus
  14. yakinkan diri bahwa masa depan kita akan selalu bahagia dan itu membuat saya termotivasi untuk terus membangun kebahagiaan dan meraih semua impian

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer